Friday, December 13, 2019

7 Manfaat Kemiri bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Seperti yang diketahui bahwa Kemiri ini merupakan salah satu dari beberapa macam jenis sebuah rempah-rempah yang tersedia di Indonesia dan sering juga digunakan dalam sebuah masakan. Hal ini dikarenakan kemiri ini memiliki sebuah kandungan minyak yang terbilang mampu untuk membuat rasa dari masakan kita buat menjadi lebih enak. Namun tetapi, apakah kamu percaya, bahwa kemiri ini memiliki suatu manfaat bagi kesehatan?

Didalam suatu penelitian yang menyimpulkan bahwasannya kemiri ini tidak hanya bisa diolah sebagai bumbu penyedap masakan saja, namun tetapi kemiri ini juga baik dalam menyembuhkan suatu penyakit yang mungkin sering dialami dengan manusia. Hal ini dikarenakan kemiri ini memiliki suatu kandungan yang terbilang sangat dibutuhkan dengan tubuh manusia.

Kandungan Nutrisi Kemiri

Didalam Bahasa Inggris kemiri ini disebutkan dengan sebutan candlenut yang tumbuh dengan sangat subur pada daerah beriklim tropis misalnya seperti di Indonesia. Dan kemiri ini juga memiliki suatu kandungan yang terbilang sangat lengkap daripada macam jenis sebuah rempah-rempah yang lainnya misalnya seperti jahe dan kunyit.

Kandungan dalam 100 gram kemiri


  • Energi = 473.0 cal
  • Kandungan air = 24.4 ml
  • Lemak = 49.9 g
  • Protein = 7.8 g
  • Total karbohidrat = 0.0 g
  • Potasium = 876.0 mg
  • Sodium = 14.0 mg
  • Fosfor = 1,060.0 mg
  • Kalsium = 140.0 mg
  • Magnesium = 410.0 mg
  • Zink = 2.7 mg
  • Zat Besi = 2.7 mg
  • Tembaga = 6.9 mg
  • Kadmium = 0.1 ug
  • Vitamin B1 = 4.2 mg
  • Vitamin B2 = 0.0 mg
  • Vitamin B3 = 1.3 mg


Manfaat Kemiri bagi Kesehatan

Suatu kandungan yang lengkap didalam kemiri inilah yang membuatnya mempunyai sebuah manfaat untuk kesehatan dan kesuburan rambut. Namun untuk mendapatkan suatu manfaat dari kemiri ini untuk kesehatan, kamu juga harus mengetahui bagaimana untuk cara yang benar dalam mengolah sebuah kemiri ini. Dikarenakan sedikit saja kamu salah dalam mengolahnya, maka kemiri ini akan berubah menjadi sebuah racun yang mungkin berbahaya untuk kesehatan.

Ada beberapa sebuah tahapan yang terbilang wajib untuk kamu lalui ketika ingin mengolah sebuah kemiri ini sebagai obat. Selain itu, biji kemiri ini juga tidak boleh untuk di konsumsi dengan secara langsung dalam keadaan yang masih mentah, hal ini dikarenakan suatu kandungan getah dalam biji kemiri ini bisa menjadi suatu racun yang dapat menyebabkan suatu masalah pada tubuh misalnya seperti gangguan pada lambung dan jantung.

Dan kamu juga dapat mengolah sebuah kemiri ini dengan cara disangrai, diambil minyaknya saja atau diolah sebagai bumbu dapur. Lantas, apakah sebuah manfaat dari kemiri ini bagi kesehatan? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini, sebagai berikut:

1. Manfaat kemiri untuk kesehatan jantung

Sebuah manfaat dari kemiri yang pertama ini adalah dapat menjaga sebuah kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan ada beberapa sebuah kandungan yang tersedia di dalam kemiri ini terbilang mampu untuk menurunkan suatu kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Selain itu, kemiri ini juga baik dalam membantu suatu proses dalam menurunkan sebuah kadar kolesterol jahat dalam darah.

Suatu kandungan yang ada di dalam kemiri ini adalah seperti potasium, yang telah sejak lama sebuah kandungan ini telah dikenal memiliki akan suatu khasiat yang terbilang bagus dalam menurunkan suatu risiko darah tinggi. Hal ini juga akan berdampak pada sebuah kesehatan jantung, dikarenakan dapat meminimalisir kerja berlebih pada sebuah jantung.

2. Manfaat kemiri untuk mencegah infeksi jamur

Diketahui bahwa pada umumnya, suatu masalah kulit ini sering di sebabkan dengan sebuah infeksi jamur misalnya seperti panu dan kurap. Dan biasanya sebuah infeksi jamur yang terjadi pada kulit ini tidak terlalu membahayakan pada kesehatan, namun tetapi jika kondisi ini hanya di biarkan saja dan terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka tidak menutup suatu kemungkinan bahwa masalah ini akan menjadi lebih besar akan terjadi.

Sekarang ini memanglah telah ada banyak sebuah jenis obat untuk mengatasi sebuah masalah infeksi jamur pada kulit, namun tetapi tidak semua jenis obat tersebut aman untuk kulit pada setiap orang. Maka untuk cara menghindari hal yang mungkin buruk terjadi, kamu dapat mencoba untuk menggunakan bahan alami ini yaitu minyak kemiri. Gunakan dengan secara teratur agar supaya sebuah hasil yang diperoleh akan menjadi lebih maksimal.

3. Manfaat kemiri untuk kesehatan pencernaan

Diketahui biji kemiri ini juga adalah salah satu sebuah rempah-rempah yang memiliki sebuah kandungan serat yang tinggi. Yang mana suatu kandungan serat dalam kemiri ini terbilang mampu untuk menjaga suatu kesehatan sistem pencernaan didalam tubuh. Sebuah kandungan serat ini juga akan mencegah tubuh mengalami suatu masalah kesehatan misalnya seperti diare dan masalah yang lainnya yang berhubungan dengan pencernaan.

Maka dari itu, untuk kamu yang mungkin sedang mengalami atau ingin mencegah agar supaya tidak mengalami masalah tersebut, maka kamu dapat menggunakan ekstrak biji kemiri ini dengan secara rutin.

4. Manfaat kemiri untuk diet

Sebuah kandungan protein yang ada didalam sebuah kemiri ini terbilang sangat bermanfaat dalam membantu membangun masa otot dalam tubuh manusia. Selain itu, kemiri ini juga terbilang sangat cocok untuk mereka yang mungkin sedang melakukan sebuah program diet untuk menurunkan suatu berat badan. Hal ini dikarenakan suatu protein dalam kemiri ini terbilang sangat bagus untuk membantu membakar suatu kalori berlebih yang ada didalam tubuh. Untuk mendapatkan sebuah manfaat yang lebih maksimal, selain bisa diolah sebagai bumbu masakan, ternyata manfaat dari kemiri bakar ini lebih baik dalam program diet sehat yang sedang kamu jalanin.

5. Manfaat kemiri untuk kesehatan tulang dan persendian

Selain sebuah manfaat diatas, suatu kandungan dalam biji kemiri ini juga ternyata mampu untuk memberikan sebuah manfaat untuk mencegah akan terjadinya suatu pembengkakan pada persendian dan tulang. Jadi kamu dapat mengkonsumsi sebuah ekstrak dari biji kemiri ini dengan secara rutin untuk memperoleh suatu hasil yang lebih maksimal.

6. Manfaat kemiri untuk mengatasi masalah insomnia

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya insomnia ini merupakan suatu kondisi yang mana orang yang mengalami akan suatu kesulitan untuk tidur pada malam hari. Ada banyak sebuah faktor yang menjadi suatu penyebab terjadinya insomnia ini misalnya seperti depresi, terlalu banyak pikiran, rasa takut yang berlebihan dan juga cemas.

Didalam sebuah minyak kemiri ini ada terdapat suatu kandungan melatonin yang terbilang mampu untuk membuat sebuah tubuh kamu merasa akan lebih rileks dan hal ini juga akan membuat kamu menjadi lebih cepat tidur pada saat malam hari.

7. Manfaat kemiri untuk mengobati gigi yang sakit

Sebuah manfaat kemiri bagi kesehatan yang selanjutnya ini adalah dapat mengobati sakit gigi. Kamu bisa saja memanfaatkan sebuah minyak kemiri asli sebagai suatu obat alami untuk mengatasi sebuah gigi yang terasa sakit. Untuk caranya seperti ini, ambil sebuah kapas dan teteskan sebuah minyak kemiri asli secukupnya saja, kemudian usapkan pada gigi yang mungkin merasa sakit dan hindari untuk menelan minyak kemiri tersebut.

Sebuah manfaat kemiri bagi kesehatan ini dapat kamu perolehkan jika kamu terbilang benar dalam mengolahnya. Karena dalam buah, biji dan pohon kemiri ini memiliki suatu kandungan racun yang mungkin dapat membahayakan suatu kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, bijaklah dalam memanfaatkan sebuah bahan alami untuk sebagai obat. Sekian informasi yang bisa diberikan, semoga dapat memberikan suatu informasi yang bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.