Friday, December 13, 2019

8 Manfaat Andaliman bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Seperti yang diketahui bahwa Andaliman ini merupakan salah satu jenis dari berbagai macam sebuah rempah-rempah yang tersedia di Indonesia. Jenis rempah-rempah yang satu ini dapat kita temukan di daerah batak dan juga sangat sering di manfaatkan untuk sebuah bumbu dapur atau bahan penyedap masakan. Namun tetapi, selain digunakan sebagai sebuah bumbu penyedap dalam masakan, ternyata andalima ini juga ada menyimpan suatu manfaat bagi kesehatan loh.

Suatu manfaat dari andaliman untuk tubuh ini tentu pastinya tidak akan terlepas dari suatu kandungan zat aktif yang tersedia di dalamnya. Ada beberapa zat tersebutlah yang terbilang sangat berguna untuk tubuh manusia dalam mengatasi berbagai macam sebuah penyakit yang bisa menyerang tubuh kita saat kapan saja.

Kandungan Gizi Andaliman

Didalam suatu penelitian, dalam rempah andaliman ini ada terdapat berbagai macam sebuah kandungan nutrisi yang termasuk dalam kategori cukup lengkap. Sebuah kandungan tersebutlah yang nantinya akan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Untuk lebih lengkapnya, kalian mungkin dapat menyimak tabel berikut ini:

Tabel Kandungan Dalam 100 gram Andaliman

Jenis KandunganJumlah Kandungan
Energi99 kkal
Protein4,6 gr
Lemak1 gr
Karbohidrat18 gr
Kalsium383 mg
Fosfor107 mg
Zat Besi2,9 mg
Vitamin A0 IU
Vitamin B13 mg
Vitamin C14,7 mg

Manfaat Andaliman untuk Kesehatan

Didalam bahasa ilmiah Andaliman ini disebutkan dengan sebutan Zanthoxylum acanthopodium yang ternyata terbilang sangatlah kaya akan suatu kandungan vitamin juga serta mineral di dalamnya. Semua kandungan didalam rempah-rempah andaliman ini terbilang cukup bermanfaat dalam mencegah berbagai sebuah masalah kesehatan. Lantas apa saja sebuah manfaat dari andaliman ini untuk kesehatan, simak penjelasan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Manfaat andaliman untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah manfaat yang dapat kamu peroleh dari buah andaliman ini yang pertama adalah salah satu sebuah merica khas dari batak ini untuk kesehatan yakni bisa membantu untuk meningkatkan sebuah daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan sebab dalam buah andaliman ini ada terkandung suatu zink yang merupakan sebuah mineral yang dibutuhkan dengan tubuh untuk pertumbuhan sel, membantu memulihkan luka juga serta mengaktifkan sel yang berperan penting dalam sistem imun. Oleh sebab itu dengan anda mengkonsumsi sebuah andaliman ini maka niscaya sebuah daya tahan tubuh anda dapat terjaga akan sepanjang hari.

2. Manfaat andaliman untuk kesehatan jantung

Sebuah manfaat yang kedua dari buah andaliman ini yaitu adalah bisa membantu anda untuk menjaga kesehatan jantung dalam tubuh. Pada buah andaliman ini ada terkandung suatu senyawa organik atau fitosterol yang mempunyai bentuk molekul mirip kolesterol. Namun tetapi fitosterol dan kolesterol ini memiliki sebuah karakter yang jauh berbeda dalam tubuh. Diketahui bahwasannya suatu kadar kolesterol berlebih ini dapat membentuk plak pada dinding pembuluh darah yang membuat suatu aliran darah anda akan terganggu juga serta menyebabkan suatu aliran darah terganggu.

Suatu akibat hal tersebut dapat berdampak akan munculnya sebuah penyakit stroke dan juga jantung. Dengan adanya sebuah kandungan fitosterol dalam tubuh ini bisa membuat penyerapan kolesterol dalam tubuh akan menjadi terhambat, sehingga itu bisa membuat anda dapat terhindar dari suatu kolesterol tinggi dan jantung anda kinerjannya menjadi lebih baik.

3. Manfaat andaliman untuk mengatasi anemia

Sebuah zat besi yang terkandung di dalam buah andaliman ini merupakan salah satu sebuah unsur suatu pembentukan hemoglobin. Sebab terkadang orang yang mungkin menderita anemia ini akan mengalami suatu lemas dan juga nampak pucat. Hal ini dikarenakan sebab hemoglobin dalam tubuh tidak normal atau rendah dan ini akan dapat menyebabkan suplai oksigen dari sari makanan bisa terganggu dan menyebabkan penderita anemia menjadi lemas.

Jadi, dengan kamu mengkonsumsi buah andaliman ini dengan cara mencampurkannya dengan bumbu masakan yang kamu buat ini dapat membantu untuk meningkatkan suatu produksi hemoglobin di dalam tubuh menjadi normal dan penderita anemia dapat menjadi lebih aktif dan sehat kembali.

4. Manfaat andaliman untuk mencegah osteoporosis

Terbilang sering sekali sebuah osteoporosis ini terjadi pada masa tua. Dimulai dengan kepadatan tulang yang menurun dan mengakibatkan mineral-mineral penting dalam proses penyusunan tulang misalnya seperti fosfor dan kalium menghilangkan. Nah, dengan anda mengkonsumsi buah andaliman ini maka sebuah kandungan fosfor dan kalsium yang dibutuhkan bisa tercukupi, baik itu mulai yang dibutuhkan dengan tulang pada tubuh juga pada gigi. Dengan karena itu mencampurkan buah andaliman ini dalam sebuah masakan ini bisa menjaga untuk kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Oleh sebab itulah sebuah manfaat dari buah andaliman ini terbilang tidak perlu kamu ragukan lagi akan khasiatnya dalam mencegah sebuah penyakit osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

5. Manfaat andaliman untuk menambah sel darah

Terbilang telah tidak diragukan lagi bahwa buah andaliman ini mengandung sebuah zat besi yang tinggi. Sehingga sebuah manfaat dari buah andaliman ini yang akan anda peroleh yakni dapat membantu untuk membentuk hemoglobin, juga serta protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke organ-organ dan jaringan. Yang akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah andaliman ini ternyata juga bisa membantu anda agar supaya terhindar dari suatu terkenanya sebuah anemia.

6. Manfaat andaliman untuk mencegah peradangan

Diketahui buah andaliman ini juga terbilang sangat bermanfaat untuk mencegah anda dari terserang peradangan. Peradangan ini merupakan suatu hasil dari stress oksidatif, yang disebabkan dengan aktifitas juga serta asam organik dan juga pitosterol dan terpena dalam buah andaliman ini (merica batak) mempunyai suatu efek anti radang untuk tubuh.

Juga serta senyawa yang ada terdapat didalam sebuah merica batak ini juga bisa menetralisir suatu radikal bebas dalam tubuh. Sehingga jika terjadi sebuah peradangan dalam tubuh dengan suatu kandungan yang terdapat dalam buah andaliman ini dapat dihentikan. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa buah andaliman ini seringkali digunakan sebagai sebuah obat herbal untuk radang sendi dan juga asam urat.

7. Manfaat andaliman untuk mencegah penyakit kronis

Sebuah radikal bebas yang mungkin berlebihan ini sering kali memicu suatu sel-sel negatif didalam tubuh bermutasi dan dapat menyebabkan suatu kanker juga serta penyakit kronis ini bisa muncul. Namun tetapi dengan adanya sebuah kandungan antioksidan yang ditemukan didalam sebuah merica batak (andaliman) ini dapat membantu untuk menurunkan suatu risiko sebuah masalah kesehatan yang diakibatkan paparan stress oksidatif yang terlalu tinggi didalam tubuh.

Bisa diketahui bahwasannya sebuah stress oksidatif ini merupakan salah satu dalang dari berbagai macam penyakit kronis yang muncul didalam tubuh, misalnya seperti munculnya penyakit kanker, jantung, radang sendi, stroke, aterosklerosis, tukak lambung, hipertensi, penyakit parkinson, penyakit alzheimer dan juga dapat menyebabkan sebuah penuaan.

8. Manfaat andaliman sebagai sumber antioksidan

Dengan adanya sebuah kandungan antioksidan pada buah andaliman ini terbilang sangat berperan dalam menangkal suatu radikal bebas yang akan menimbulkan berbagai macam dampak negatif pada tubuh baik mulai dari kulit kusam, penuaan dini, menurunkan daya tahan tubuh, hingga sampai dapat menyebabkan akan munculnya suatu penyakit kanker. Sebuah kandungan antioksidan ini sangat berperan bagus untuk kesehatan tubuh anda. Sehingga dengan anda mengkonsumsi buah andaliman ini niscaya bisa membantu untuk mencegah berbagai macam penyakit yang mungkin ingin menyerang tubuh.

Untuk memperolehkan sebuah manfaat dari andaliman ini, kamu terbilang wajib untuk mengkonsumsinya dengan secara rutin. Entah itu kamu mencampurkannya ke dalam masakan, atau bisa juga kamu mengolahnya untuk dijadikan sebagai bahan minuman yang dapat kamu konsumsi dengan secara rutin. Namun tetapi sebuah manfaat diatas terbilang masih membutuhkan suatu penelitian yang lebih jauh lagi untuk mendapatkan suatu hasil yang lebih akurat lagi.

Nah, itulah delapan sebuah manfaat dari buah andaliman bagi kesehatan tubuh manusia yang ternyata masih jarang diketahui. Sekian informasi yang bisa diberikan, semoga dapat memberikan suatu informasi yang bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.